Entri Populer
-
Pentingnya bekerja sama dengan Negara lain baik antar dua Negara atau lebih sangatlah penting karna dengan adanya kerjasama kedua Negara dap...
-
narkoba merupakan zat adiktif yang sangat berbahaya bagi tubuh manusia jika dalam pemakaiannya di salah gunakan,selain dapat menyebabkan kec...
-
Sikap toleransi masyarakat Indonesia adalah sikap plural yang bisa berlapang dada dalam menerima semua perbedaan yang ada. Kadangkala masyar...
-
Agama adalah suatu prinsip atau kepercayaan seseorang. Agama merupkan suatu peranan yang sangat penting dalam kehidupan sosial suatu masayar...
-
kata pengantar :berikut ini saya akan coba menjelaskan dan memberi contoh tentang salah satu perusahaan yang tidak berkembang atau bangkrut...
-
PENDAHULUAN : pada tulisan ini saya akan coba membahas tentang berbagai macam bentuk pasar yang terdapat di indonesia misalnya seperti :1)p...
-
Berita tentang anak jalanan seolah-olah tidak ada habis-habisnya. Derita dan penyiksaan yang dialami oleh para anak jalanan yang membuat kit...
-
Akibat dari tindakan korupsi yang dilakukan oleh pemerintah terhadap rakyat tentu sangat banyak misalnya saja: banyak sekali rakyat Indonesi...
-
Pada masa remaja adalah masa-masa dimana untuk mencoba sesuatu yang bersifat menantang atau menggairahkan, karena hal-hal baru yang mereka a...
-
kata pengantar : berikut ini saya akan menjelaskan tentang perusahaan yang mengembangkan bisnisnya dengan cara-cara seperti judul di atas ;;...
Senin, 22 Oktober 2012
Tugas Grafik komp & Pengolahan Citra
Nama : Vito Patresi
Npm : 18110400
Kelas : 3KA31
Pada Tugas kali ini saya akan mencoba membuat program sederhana Program sederhana dengan menggunakan OpenGL, disini saya mencoba untuk membuat program OpenGL dengan compiler Dev C++.kemudian langkah awal yang harus di lakukan adalah :
Pertama yang harus yang kita lakukan adalah mempunyai perlengkapan yang digunakan :
1. Dev C++ (pastikan komputer anda sudah terinstal aplikasi ini)
2. Header glut (header yang digunakan untuk OpenGL)
kemudian di bawah ini sedikit pendahuluan mengenai Open Gl :
OpenGL adalah suatu perangkat pembuat grafis standard yang digunakan untuk keperluan – keperluan pemrograman grafis. OpenGL bersifat opensource, multi-platform dan multi language. Saat ini semua bahasa pemrograman mendukung OpenGL. Dan OpenGL bisa bekerja dalam lingkungan Windows, Unix, SGI, Linux, freeBSD . Library dasar dari OpenGL adalah GLUT, dengan fasilitas yang bisa dikembangkan. Untuk OS Windows,library ini terdiri dari 3 files yaitu :
1. Glut.h
2. Glut32.lib
3. Glut32.dll
sebelum membuat program sederhananya pastikan kita sudah menginstal Dev C++ dan juga header Open Glnya Cara menginstalnya sama saja seperti mengistal pada aplikasi-aplikasi lain hanya tinggal mengikuti seluruh perintah yang ada dan jika sudah selesai klik finish.
setelah itu baru kita mulai membuat program sederhananya,
Membuat Garis Vertikal
Dalam membuat program garis vertikal di open GL, kita hanya tinggal mengubah – ubah source code yang sudah ada pada compiler Dev C++ nya saja / yang sudah ada pada lembar kerja multimedia nya.
nah, yang saya tandai itu lah tempat dimana codingan membuat garis vertical di masukan, codingan nya seperti dibawah ini :
ini merupakan penjelasannya :
/*Untuk membuat garis Vertikal*/
glClearColor (0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f);
[ untuk memilih warna yang digunakan untuk membersihkan latar dalammode RGBA]
glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT);
[untuk membersihkan layar latar belakang dengan warna hitam]
glPushMatrix (); [Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar]
glClearColor(1,1,1,0); [untuk menentukan warna garis/titik]
glColor3f(1,1,1); // [untuk menentukan warna garis/titik]
glBegin(GL_LINES); [untuk menggambar garis dari titik yang digunakan ]
glVertex3f(0.10,10.0,13.13); [ untuk menentukan titik awal yang digunakan ]
glVertex3f(0,0,0.0); [ untuk menentukan titik akhir yang digunakan ]
glEnd (); [untuk mengakhiri gambar garis dititik akhir ]
glPopMatrix (); [Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar]
SwapBuffers (hDC);
[digunakan untuk menukar bagian belakang buffer menjadi buffer layar]
Sleep (1);
Setelah selesai menuliskan code pada bagian yang sudah saya beri tahu,coba RUN file dengan mengcompile dengan menekan tombol F9 ,
file yang akan di compile akan meminta untuk di save, untuk itu save file dan beri nama lalu RUN dengan menekan tombol yang sama F9. jika tidak terdapat error makan program langsung berjalan dan menghasilkan output :
Membuat garis Horizontal
Untuk membuat garis Horizontal sama seperti membuat garis vertical, tinggal kita robah saja Kodingannya di tempat yang kita gunakan untuk membuat program garis vertical tadi. tampilanya seperti di bawah ini :
Penjelasan Untuk membuat garis horizontal
glClearColor (0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f);
[ untuk memilih warna yang digunakan untuk membersihkan latar dalammode RGBA]
glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT);
[untuk membersihkan layar latar belakang dengan warna hitam]
glPushMatrix(); [Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar]
glClearColor(1,1,1,0); [untuk menentukan warna garis/titik]
glColor3f(1,1,1); // [untuk menentukan warna garis/titik]
glBegin(GL_LINES); [untuk menggambar garis dari titik yang digunakan ]
glColor3f(0.0f, 0.0f, 1.0f);
glVertex3f(-0.6f, 0.0f, 0.0f); [ untuk menentukan titik awal yang digunakan ]
glColor3f(0.0f, 0.0f, 1.0f); [ untuk menentukan titik yang digunakan ]
glVertex3f(0.6f, 0.0f, 0.0f); [ untuk menentukan titik akhir yang digunakan ]
glEnd(); [untuk mengakhiri gambar garis dititik akhir ]
glPopMatrix(); [Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar]
SwapBuffers (hDC);
[digunakan untuk menukar bagian belakang buffer menjadi buffer layar]
Sleep (1);
Setelah selesai menuliskan code pada bagian yang sudah saya beri tahu,coba jalankan file dengan mengcompile dengan menekan tombol CTRL + F9 , file yang akan di compile akan meminta untuk di save, untuk itu save file dan beri nama lalu jalankan dengan menekan tombol CTRL + F10. jika tidak terdapat error makan program langsung berjalan dan menghasilkan output :
Membuat Garis Diagonal
Untuk Memmbuat garis Diagonal hampir sama dengan membuat garis vertikal dan Horizontal.
langkah-langkahnya hampir sama dengan membuat garis vertikal dan horizontal hanya saja kita tinggal merubah sedikit kodingannya sehingga nantinya dapat muncul output berupa garis diagonal.
berikut ini tampilan kodingnya :
Berikut Penjelasannya :
glClearColor (0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f);
[ untuk memilih warna yang digunakan untuk membersihkan latar dalammode RGBA]
glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT);
[untuk membersihkan layar latar belakang dengan warna hitam]
glPushMatrix (); [Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar]
glClearColor(1,1,1,0); [untuk menentukan warna garis/titik]
glColor3f(1,1,1); // [untuk menentukan warna garis/titik]
glBegin(GL_LINES); [untuk menggambar garis dari titik yang digunakan ]
glVertex3f(0,0,-0.8); [ untuk menentukan titik awal yang digunakan ]
glVertex3f(9.9,8.9,0.1); [ untuk menentukan titik akhir yang digunakan ]
glEnd (); [untuk mengakhiri gambar garis dititik akhir ]
glPopMatrix (); [Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar]
SwapBuffers (hDC);
[digunakan untuk menukar bagian belakang buffer menjadi buffer layar]
Sleep (1);
Setelah selesai menuliskan code pada bagian yang sudah saya beri tahu,coba jalankan file dengan mengcompile dengan menekan tombol CTRL + F9 , file yang akan di compile akan meminta untuk di save, untuk itu save file dan beri nama lalu jalankan dengan menekan tombol CTRL + F10. jika tidak terdapat error makan program langsung berjalan dan menghasilkan output :
Demikian penjelasan dari saya jika terjadi kesalahan dalam penjelasan ini saya mohon maaf Thank you .
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar