Entri Populer

Selasa, 29 Oktober 2013

TEKNOLOGI TELEMATIKA

TEKNOLOGI TELEMATIKA

PENDAHULUAN |
------------------------

            Telematika merupakan perpaduan konsep Computing dan Communication. Istilah telematika juga dikenal sebagai “the new hybrid technology” karena lahir dari perkembangan teknologi digital. Telematika berasal dari bahasa Prancis yaitu "TELEMATIQUE", Istilah ini pertama kali digunakan pada tahun 1978 oleh Simon Nora dan alin Minc dalam bukunya yang berjudul L’informatisation de la Societe.
          Teknologi telematika merupakan suatu terobosan terbaru dijaman sekarang ini didalam membatu menyelesaikan berbagai persoalan mulai dari urusan bisnis bahkan urusan Negara bisa diselesaikan dengan teknologi telematika.
          Persoalan yang sering terjadi pada suatu Negara adalah sebagai berikut Serangan yang paling merugikan adalah pengrusakan yang dilakukan olehhacker asing pada situs Kementrian keuangan Romania pada tahun 1999, sehingga merugikan pemerintah Romania milyaran dollar. Serangan ini dilakukan dengan mengganti besaran kurs mata uang Romania sehingga banyak pembayar pajak online yang terkecoh dengan data yang telah diganti tersebut. Hanya sayangnya, kejahatan ini tidak berlanjut ke pengadilan karena tidak adanya hukum yang mengatur kejahatan telematika yang bersifat transnasional. Dan berikut ini akan dibahas mengenai teknologi telematika dan jenis-jenis layanannya.
MATERI
-------------------------

           Layanan Telematika (Telematics Services) adalah Layanan dial up ke jaringan internet maupun semua jenis jaringan yang didasarkan pada sistem telekomunikasi untuk mengirimkan data. Layanan Telematik digunakan dalam beberapa bidang, 4 diantaranya :

A. Layanan Telematika di bidang Informasi Teknologi Komunikasi dan Informatika atau ICT (Information and Communications Technology) merupakan integrasi dari Telekomunikasi dan Informatika Secara lebih spesifik, ICT merupakan ilmu yang berkaitan dengan pengiriman, penerimaan dan penyimpanan informasi dengan menggunakan peralatan telekomunikasi. Penggunaan telematika di bidang informasi bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat masyarakat, termasuk pemberantasan kemiksinan dan kesenjangan, serta meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Selain itu, teknologi telematika juga harus diarahkan untuk menjembatani kesenjangan politik dan budaya serta meningkatkan keharmonisan di kalangan masyarakat.
Contoh layanan Informasi yaitu:
• Warnet
• Wartel
• E-Goverment
• E-commerce
• E-Learning
• Road vehicles dan vehicle telematics

B. Layanan Telematika di bidang Keamanan Penggunaan telematika di bidang keamanan untuk meningkatkan keamanan informasi dan data. Layanan ini terdiri dari enkripsi, penggunaan protocol, penentuan akses control dan auditin. Layanan ini bertujuan untuk memantau dan memberikan informasi bila ada sesuatu yang berjalan atau beroperasi tidak seharusnya. dengan kata lain layanan ini sangat penting untuk menjaga agar suatu data dalam jaringan tidak mudah terhapus atau hilang. kelebihan dari layanan ini adalah dapat mengurangi tingkat pencurian dan kejahatan.
Contoh layanan keamanan yaitu:
• Navigation assistant
• Weather stock information
• Entertainment and M-commerce
• Penggunaan Firewall dan Antivirus

C. Layanan Context Aware dan Event-Based Penggunaan telematika Context Aware dan Event-Based untuk mengetahui berbagai konteks, yaitu kumpulan parameter yang relevan dari pengguna (user) dan penggunaan network itu, serta memberikan layanan yang sesuai dengan parameter-parameter itu. Beberapa konteks yang dapat digunakan antara lain lokasi user, data dasar user, berbagai preferensi user, jenis dan kemampuan terminal yang digunakan user. Schilit pada tahun 1994 mngungkapkan gagasan nya tentang Context Aware dan Event-Based bahwa di dalam ilmu komputer menyatakan bahwa perangkat komputer memiliki kepekaan dan dapat bereaksi terhadap lingkungan sekitarnya berdasarkan informasi dan aturan-aturan tertentu yang tersimpan di dalam perangkat.

D. Layanan Perbaikan Sumber Penggunaan telematika dalam perbaikan sumber bertujuan untuk melakukan perbaikan dalam sumber daya manusia (SDM) dalam arti bahwa orang/organisasi yang melakukan aktivitas yang berhubungan dengan telekomunikasi, media, dan informatika sebagai pengelola, pengembang, pendidik, dan pengguna di lingkungan pemerintah, dunia usaha, lembaga pendidikan, dan masyarakat pada umumnya.

PEMBAHASAN |
----------------------


           Telematika adalah Suatu sarana komunikasi jarak jauh melalui media elektromagnetik yang memiliki kemampuan untuk men-transmisikan sejumlah informasi besar dalam waktu cepat, dengan jangkauan hampir seluruh dunia dalam berbagai cara, diantaranya dengan perantara suara, huruf, gambar, dan data atau kombinasi dari itu semua. Teknologi digital memungkinkan hal tersebut bisa dilakukan. Jasa dalam bentuk telematika bermacam-macam mulai ditujukan untuk umum (online, internet), dan ada pula untuk keperluan kelompok tertentu atau organisasi khusus (intranet). Dapat disimpulkan telematika merupakan teknologi komunikasi jarak jauh yang menyampikan informasi satu arah, maupun timbal balik dengan sistem digital.
Manfaat Telematika:
1. Manfaat internet dalam e Business secara nyata dapat menekan biaya transaksi daam berbisnis dan memberikan kemudahan dalam diversifikasi kebutuhan.
2. Manfaat internet dalam e-Goverment bisa meningkatkan kinerja pemerintah dalam menyediakan informasi dan layanan untuk masyarakat.
3. Dalam bidang kesehatan dan juga pendidikan secara nyata juga telah memberikan nilai tambah bagi masyarakat luas.
4. Telematika cukup memberi warna tersendiri dalam perekonomian nasional. Ditandai dengan mulai maraknya sekelompok anak muda membangun bisnis baru menggunakan teknologi Internet, maka Indonesia tak ketinggalan dalam booming perdagangan elektronis / electronic commerce (e-commerce).
5. Pembangunan sektor Telematika diyakini akan memengaruhi perkembangan sektor-sektor lainnya. Sebagaimana diyakini oleh organisasi telekomunikasi dunia, ITU, yang konsisten menyatakan bahwa dengan asumsi semua persyaratan terpenuhi, penambahan investasi di sektor telekomunikasi sebesar 1% akan mendorong pertumbuhan ekonomi nasional sebesar 3%. Hipotesis ini telah terbukti kebenarannya di Jepang, Korea, Kanada, Australia, negara-negara Eropa, Skandinavia, dan lainnya. Kerugian Telematika :
• Tindakan kejahatan yang dilakukan dengan menggunakan media internet. Contohnya, tindakan yang disebut carding adalah cyber crime dengan cara mencuri data kartu kredit dari nasabah suatu bank, sehingga si pelaku carding (carder) dapat menggunakan data tersebut untuk keuntunganpribadi. • Penyebaran virus atau malicious ware fraud atau penipuan yang menggunakan electronic mail sebagai alat penyebaran informasi bagi si penipu.
• Kejahatan Telematika sebagai Kejahatan Transnasional, Contoh kejahatan transnasional ini adalah human trafficking, penyelundupan orang, narkotika, atau teroris internasional.
• Kejahatan telematika yang merugikan individu,missal Lima orang hacker (penyusup) yang berada di Moskow telah mencuri sekitar 5.400 data kartu kredit milik orang Rusia dan orang asing yang didapat dengan menyusup pada sistem komputer beberapa internet retailer.
• Kejahatan telematika merugikan Negara, misalnya: Serangan yang paling merugikan adalah pengrusakan yang dilakukan oleh hacker asing pada situs Kementrian keuangan Romania pada tahun 1999, sehingga merugikan pemerintah Romania milyaran dollar. Serangan ini dilakukan dengan mengganti besaran kurs mata uang Romania sehingga banyak pembayar pajak online yang terkecoh dengan data yang telah diganti tersebut. Hanya sayangnya, kejahatan ini tidak berlanjut ke pengadilan karena tidak adanya hukum yang mengatur kejahatan telematika yang bersifat transnasional.

REFERENSI :
http://id.wikipedia.org/wiki/Telematika
http://www.google.co.id, "Telematika”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar