Entri Populer

Jumat, 26 April 2013

Penulisan Ilmiah

 1. Pendahuluan 
         1.1 Latar Belakang
Kemajuan tekhnologi saat ini sangatlah berkembang dengan sangat pesat, terutama didalam bidang komputer. Kemajuan yang terjadi sangatlah tidak stabil dengan pengetahuan yang berkembang dimasyarakat itu sendiri. Komputer itu sendiri merupakan salah satu alat yang dibuat manusia guna meningkatkan efisinsi kerja manusia, produktivitas dan tingkat kehidupan manusia. Komputer mempunyai peranan yang sangat penting dalam semua sektor kehidupan manusia maupun di dalam perusahaan. Saat ini hampir semua aspek kehidupan manusia maupun perusahaan berhubungan dengan penggunaan komputer.
         Peranan sistem yang ada pada komputer pada saat ini juga mempengaruhi kecanggihan yang ada pada komputer itu sendiri. Jika sebuah komputer memiliki sistem yang kurang baik dijaman dimana komputer itu harus dituntut untuk memiliki kelebihan khusus, maka kinerja yang dihasilkan akan sangat mengecewakan. Pada masa kini menurut saya sebuah perusahaan memerlukan suatu aplikasi penjualan berbasis android untuk menambah produktifitas perusahaan tersebut di dalam dunia bisnis dan juga bisa meningkatkan pemasukan pada perusahaan tersebut dan juga bisa di gunakan oleh karyawan untuk mempresentasikan jenis-jenis barang yang di tawarkan perusahaan tersebut dengan mudah hanya dengan menggunakan handphone atau tab mereka yang berbasis android.
        Pada dasarnya aplikasi android ini dapat di akses melalui telefon seluler atau handphone(hp) atau tablet pc yang berbasis android dan didegsain agar pengguna aplikasi ini bisa dengan mudah mempergunakannya kapanpun dan dimanapun tanpa perlu melakukan browsing ke internet karna aplikasi ini bersifat offline.
         Dari siklus perkembangan tekhnologi yang tidak terkontrol seperti ini banyak sekali orang yang memiliki telfon seluler berbasis android bahkan anak SD sampai orang dewasa telah bisa mengoperasikan telfon seluler berbasis android.Tentunya fenomena ini perlu di manfaatkan oleh perusahaan untuk menggunakan aplikasi ini di dalam perusahaannya.
    Semakin menariknya aplikasi ini membuat ketertarikan tersendiri dari berbagai client dari perusahaan tersebut yang ingin mencoba menggunakannya guna mendapatkan informasi yang ingin mereka peroleh.
    Pada dasarnya aplikasi penjualan rumah berbasis android ini dibuat untuk kemajuan suatu perusahaan. Oleh karena itu aplikasi ini menggunakan fitur yang mudah dipahami oleh pemakai nanti agar mereka bisa mendapatkan informasi dengan mudah dan cepat kapanpun dan dimanapun.
1.2 Ruang Lingkup
     Pembahasan dalam penulisan ini, penulis akan membahas tentang bagaimana membuat sebuah aplikasi penjualan rumah berbasis android untuk suatu perusahaan property, yang dapat digunakan untuk memperoleh informasi tantang rumah idaman yang diinginkan. Aplikasi yang akan dirancang oleh penulis akan menggunakan program java yang memang program ini digunakan oleh android. Aplikasi yang akan dibuat nantinya akan menunjang karyawan didalam mempromosikan rumah-rumah yang akan dijual kepada client atau pembeli. Karena bertemakan bisnis tentunya hasil akhir dapat mengefektifkan kinerja dari perusahaan tersebut dengan adanya aplikasi ini.
1.3 Tujuan Penulisan
    Tujuan dari pembuatan Aplikasi penjualan rumah yang bertemakan bisnis ini adalah penulis menginginkan untuk mengefektifkan kinerja perusahaan.Selain itu Aplikasi ini diharapkan bisa membantu para client perusahaan tersebut bisa memilih rumah idaman mereka dengan mudah tanpa harus membuang waktu.Dengan perancangan yang dibuat penulis kali ini, semoga dapat menjadi langkah baru sebagai sarana dalam dunia berbisnis yang lebih efektif.
1.4 Metode Penulisan
      Metode yang akan digunakan oleh penulis akan berlangsung dengan tahapan seperti berikut ini : 1. Mempelajari keadaan masyarakat akan ketertarikan suatu aplikasi android.
2. Mengumpulkan sumber sumber yang dapat dijadikan sebagai refrensi dalam pembuatan aplikasi ini.
3. Mempelajari dan memahami berbagai macam tekhnik dasar pembuatan aplikasi sederhana dengan menggunakan program java.
4. Mempelajari cara pembuatan aplikasi android melalui media internet dan sumber sumber yang telah didapatkan.
5. Menentukan jenis program yang akan digunakan dalam perancangan aplikasi ini agar sesuai dengan keperluan perancangan.
6. Meng-instal program ke dalam sistem operasi komputer.
7. Membuat rancangan dan memulai proses kerja pembuatan aplikasi android.
8. Menguji tingkat keberhasilan aplikasi tersebut apakah dapat dijalankan dengan baik dan sesuai dengan pemikiran tentunya.
9. Menguji kembali hasil aplikasi android tersebut dengan ditest oleh beberapa orang sebagai penguji, apakah aplikasi tersebut sudah dapat digunakan oleh perusahaan tersebut.
1.5 Sistematika Penulisan
       Adapun sistematika penulisan yang telah dibuat penulis sebagai berikut :
Pendahuluan, mengemukakan latar belakang masalah yang mendasari penulisan,batasan masalah yang akan dibahas, tujuan penulis dalam pembuatan penulisan ini, metode penulisan yang digunakan dalam proses perancangan penulisan dan pengumpulan data, serta sistematika penulisan yang menjadi garis besar dari penulisan ilmiah. Landasan Teori, mengemukakan teori-teori yang mendukung penulisan ilmiah kali ini. Teori tersebut meliputi pembahasan dasar mengenai cara pembuatan aplikasi penjualan rumah berbasis android yang digunakan oleh penulis. Analisa dan Pembahasan, menjelaskan langkah langkah dalam merancang aplikasi android yang dibuat penulis dengan program yang digunakan didalamnya sebagai alat pembantu pembuatan aplikasi ini untuk penulisan ilmiah ini. Penutup, berisikan kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian yang dilakukan dan disertai dengan saran mengenai pengembangan dalam pembuatan aplikasi penjualan rumah berbasis android ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar