Entri Populer

Kamis, 08 Maret 2012

Pasar monopolitis

Pendahuluan : pada tulisan ini saya akan membahas mengenai pasar monopolistik pada pasar ini dapat di definisikan sebagai pasar yang banyak terdapat produsen yang menghasilkan barang atau produk yang berbeda-beda corak untuk lebih jelasnya berikut ini adalah pembahasannnya.



(-) pasar monopolitis atau monpolistik
Pasar persaingan monopolistis pada dasarnya adalah pasar yang berada di antara dua jenis pasar yang ekstrem, yaitu persaingan sempurna dan monopoli. Oleh sebab itu sifat-sifatnya mengandung unsur-unsur sifat pasar monopoli dan unsur-unsur sifat pasar persaingan sempurna. Pasar persaingan monopolistis dapat didefinisikan sebagai suatu pasar di mana terdapat banyak produsen yang menghasilkan barang yang berbeda corak.
Ciri-ciri pasar persaingan monopolistis :
1. Terdapat banyak penjual.
2. Barang berbeda corak.
3. Perusahaan mempunyai sedikit kekuasaan mempengaruhi harga .
4. Mudah bagi suatu perusahaan untuk keluar masuk ke pasar.
5. Persaingan mempromosi penjualan sangat aktif.

keuntungan pasar monopolitis yaitu :

1)Banyaknya produsen di pasar memberikan keuntungan bagi konsumen untuk dapat memilih produk yang terbaik baginya.
2)Kebebasan keluar masuk bagi produsen, mendorong produsen untuk selalu melakukan inovasi dalam menghasilkan produknya.
3)Diferensiasi produk mendorong konsumen untuk selektif dalam menentukan produk yang akan dibelinya, dan dapat membuat konsumen loyal terhadap produk yang dipilihnya.
4)Pasar ini relatif mudah dijumpai oleh konsumen, karena sebagian besar kebutuhan sehari-hari tersedia dalam pasar monopolistik.

selain memiliki keuntungan pasar ini juga memiliki kelemahan sebagai berikut :

1)Pasar monopolistik memiliki tingkat persaingan yang tinggi, baik dari segi harga, kualitas maupun pelayanan. Sehingga produsen yang tidak memiliki modal dan pengalaman yang cukup akan cepat keluar dari pasar.
2)Dibutuhkan modal yang cukup besar untuk masuk ke dalam pasar monopolistik, karena pemain pasar di dalamnya memiliki skala ekonomis yang cukup tinggi.
3)Pasar ini mendorong produsen untuk selalu berinovasi, sehingga akan meningkatkan biaya produksi yang akan berimbas pada harga produk yang harus dibayar oleh konsumen

kesimpulan : pada pasar ini terdapat banyak penjual dan harga dapat di pengaruhi pasar ini berbeda dengan pasar monopoli yang hanya di dominasi oleh satu produsen saja ..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar