Entri Populer

Minggu, 25 September 2011

tugas 1 soft skill

Tugas 1
pengertian menejemen,organisasi,fungsi-fungsinya dan gambar struktur organisasinya


Berikut ini saya akan coba membahas mengenai pengertian menejemen dan organisasi,mungkin kata-kata ini sering sekali kita dengar dalam hidup kita namun kadang kita kurang paham dengan arti sesungguhnya dari kedua kata-kata itu,,
Berikut ini adalah penjelasannya :
Sering kita mendengar kata manajemen, namun banyak di antara kita tidak tahu pengertian manajemen / definisi manajemen tersebut, kali ini coba kita lihat apa sih pengertian manajemen itu sebenarnya ?
Kata manajemen di ambil dari kata bahasa inggris yaitu “manage” yang berarti mengurus, mengelola, mengendalikan, mengusahakan, memimpin.
Berikut pengertian manajemen menurut beberapa ahli :
1. Manajemen adalah seni dan ilmu perencanaan pengorganisasian,penyusunan,pengarahan dan pengawasan daripada sumberdaya manusia untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
2. Manajemen adalah proses perencanaan, pengorganisasian dan penggunakan sumberdaya organisasi lainnya agar mencapai tujuan organisasi tang telah ditetapkan.
3. Manajemen merupakan suatu proses khas yang terdiri dari tindakan-tindakan perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengendalian yang dilakukan untuk menentukan serta mencapai sasaran yang telah ditentukan melalui pemanfaatan sumberdaya manusia dan sumberdaya lainnya.
4. Manajemen adalah seni pencapaian tujuan yang dilakukan melalui usaha orang lain.
5. Manajemen adalah usaha untuk mencapai suatu tujuan tertentu melalui kegiatan orang lain.
Sebenarnya ada banyak versi mengenai definisi manajemen, namun demikian pengertian manajemen itu sendiri secara umum yang bisa kita jadikan pegangan atau acuan kita adalah :
“Manajemen adalah suatu proses yang terdiri dari rangkaian kegiatan, seperti perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengendalian/pengawasan, yang dilakukan untuk menetukan dan mencapai tujuan yang telah ditetapkan melalui pemanfaatan sumberdaya manusia dan sumberdaya lainnya”.
Sedangkan organisasi yaitu sekelompok individu manusia yang berkumpul dalam suatu wadah guna mencapai tujuan dan visi misi yang sama ..jadi intinya kedua aspek ini mempunyai keterkaitan satu dengan yang lain.
Berikutnya adalah saya akan mencoba menuliskan fungsi-fungsi menejemen menurut:
-henry fayol,-ernest dale,-g.terry,-dan luther gullier …
Henri Fayol (lahir di Istanbul, 1841, meninggal di Paris, 1925) adalah seorang teoris manajemen atau administrasi asal Perancis. Fayol adalah salah satu kontributor paling berpengaruh dalam konsep manajemen atau ilmu administrasimodern. Peninggalan Fayol yang paling terkenal adalah tentang lima fungsi utama manajemen, yaitu merencanakan, mengorganisasi, memerintah, mengkoordinasi, dan mengontrol (Fayol, 1949, 1987). Menurut Fayol, praktik manajemen dapat dikelompokkan ke dalam beberapa pola yang dapat diidentifikasi dan dianalisis. Dan selanjutnya analisis tersebut dapat dipelajari oleh manajer lain atau calon manajer.
-) Menurut George R. Ferry (1990) dalam “Principles of Management”, proses manajemen terbagi menjadi :
• Perencanaan (Planning).
• Pengorganisasian (Organizing).
• Pengawasan (Controlling).
• Pelaksanaan (Activating).
-) menurut Ernest Dale : Planning, Organizing, Staffing, Directing, Innovating, Representing dan Controlling.
-) menurut luther gullier:planning,staffing,innovating,controlling.
Berikutnya adalah gambar struktur organisasi :
horizontal :
melingkar :

vertikal:

piramidal: